Bimbingan belajar merupakan salah satu bentuk
layanan bimbingan yang diselenggarakan di sekolah. Pengalaman menunjukkan bahwa
kegagalan-kegagalan yang dialami siswa dalam belajar tidak selalu disebabkan
oleh kebodohan atau rendahnya intelegensi. Sering kegagalan itu disebabkan mereka tidak mendapatkan layanan
yang memadai.
Penulis menawarkan salah satu bentuk layanan
bimbingan di sekolah yaitu:
KISS ME
MY DARLING. Artinya, bukan ciumlah kekasihku.namun, merupakan akronim dari Kemauan, Intelegensi, Sarana, Suasana, Managemen, Evaluasi, Motivasi,
Yearn, Do, Action, Read, Learning, Inovatif, goal.
Cara belajar efektif memerlukan bimbingan belajar.
Maslow dalam bukunya Slameto: 2003: 73 menjelaskan bahwa cara belajar efektif
memerlukan tujuh petunjuk yaitu: 1) keadaan jasmani ketika belajar diperlukan kesehatan yang prima;. 2) keadaan
sosial emosional.emosi yang tidak setabil mengganggu proses pembelajaran 3) keadaan
lingkungan yang kurang mendukung misalnya ramai, lingkugnan tidak nyaman; 3) memulai belajar dengan niat meningkatkan ilmu
pengetahuan; 4) mendapatkan proses
pembelajaran; 5) adakan kontrol; 6) pupuk
sikap optimistis; 7) waktu belajar; 8)
buat rencana kerja; 9) belajar keras
tidak merusak; 10) mempertinggi kecepatan membaca; 11) Jangan membaca belaka.
Mengacu ke pendapat Maslow bahwa kemauan menjadi modal
dasar belajar. Belajar menjadi pola pikir utama karena setiap kegiatan jika diniati
dengan Kemauan yang keras pasti akan
terlaksana. Guru melayani kebutuhan ini sesuai dengan tingkatan rerata nilai
yang diyakini masih perlu ditingkatkan. Sebagai contoh matematika,bahasa
Inggris sampai dengan hari ini masih
menjadi penyebab tidak lulus Ujian Nasional karena perolehan nilai kurang dari 4. Tugas guru pembimbing berkolaborasi dengan
guru matematika, Bahasa Inggris untuk
mempertinggi kemauan masing-masing siswanya. Pepatah lama mengatakan setiap ada kemauan pasti ada jalan.
Intelegensi sepanjang manusia memiliki
inatelegensi yang nomal pasti bisa
meraih suskses di masa depan. Syarat, asal mau
melaksanakan dan mengikuti proses pembelaran yang baik. Belajar akan lebih sukses jika seseorang memiliki intelegensi yang lebih tinggi
atau genius.
Sarana, seseorang
sukses belajar memerlukan sarana yang baik untuk menunjang keberhasilannya.
Ingin belajar minimal punya buku alat tulis. Buku pelajaran atau reverensi
sebagai bahan ajar. Menulis apakah menggunakan sabak (batu tulis) dengan pensil
namanya gerip yaitu batu diruncingi sebesar lidi. Kini telah musnah dimakan
zaman. Buku dan pena, Kertas dan mesin ketik,sekarang computer. Alat-alat ini merupakan sarana prasarana yang diperlukan untuk belajar. Bahkan
kini bukan lagi buku referensi melainkan bertambah dengan acuan melalui
internet. Sarana prasarana modern tentu lebih mempernudah cara belajar yang
efektif. Guru memiliki aset untuk menyiasati agar siswa bisa tetap belajar. Sarana
belum memadai.guru inovatif menyiasaati, memfasilitasi sarana penuh kreatif agar layanan bimbingan konseling disesuaikan dari sederhana sampai penyediaan alat yang lebih canggih
lagi.
Suasana, belajar memerlukan keadaan hening dan
nyaman. . Konsentrasi bisa
diperoleh dari keadaan situasi seperti ini. Siswa belajar memiliki gaya masing-masing.
Ada gaya audiovisual, Visual,dan kinestetik.. Gaya itu masing-masing berkembang dengan
sendirinya. Guru pembimbing tinggal memberikan fasilitas atau kemungkinan
bergeak dengan leluasa untuk mencapai derajat yang tinggi.
Managemet adalah mengatur proses pembelajaran sehingga siswa dapat: 1)
mengoptimalkan suber daya yang tersedia untuk memajukan diri sendiri karena bisa
lebih mengetahui peta kekuatan, kelemahan dan peluang serta ancaman yang
mungkin dihadapi;. 2) Siswa lebih
mengetahui kebutuhan pribadinya khususnya input dan output pendidikan yang akan
dikembangkan dan didaya gunakan dalam proses pendidikan sesuai dengan
perkembagan dan kebutuhan siswa; 3).pengambilan keputusan siswa partisipatif
yang dilakukan dapat memenuhi kebutuhan bagi dirinya dan apa yang terbaik bagi
diri pribadi..; 4) Siswa lebih efesien dan efektif apabila masyarakat turut
serta mengawasi; 5) siswa terlibat sebagai warga sekolah dalam pengambilan keputusan..5) sisawa
bertanggungjawab tentang mutu pendidikan
di sekolah masing-masing,.6) sekolah dapat bersaing dengan sehat untuk
meningkatkan mutu pendidikan; 7) siswa dapat merespond aspirasi masyarakat yang
berubah dan degan pendekatan yang tepat dan cepat..
Evaluasi diri amat penting bagi perlaksana
pembelajaran karena untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan yang dicapai
untuk setiap kegiatan. Evaluasi, dapat dilakukan sebagai kontrol diri sendiri. Jika berhasil belajarnya patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sebaliknya apabila hasil prestasi di bawah
rata-rata kita bekerja sambil berdoa.
Motivasi Yes adalah bentuk pernyataan prilaku belajar. Dorong mereka ketika mulai kendor belajarnya. Hindari mengkritik mereka ketika jawaban salah.atau gagal
menjawab.. Beri ucapan memuji misalnya:
bagus, baik, oke dan sebagainya, sehingga siswa termotivasi untuk bekerja lebih
baik. Yes, bentuk pernyataan yang membuat bangga siswa dalam proses
pembelajaran..
Do, bekerja sesuai solusi yang telah dinyatakan
oleh hati sanubari. Laksanakan apa saja yang positif, hindari bentuk pernyataan
yang negatif.
Action suatu kegiatan yang diambil untuk dapat
berbuat memperbaiki proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Tindakan ini
merupakan solusi untuk mengatasi masalah hambatan dalam belajar. Tindakan ini
yang diambil untuk memperbaiki proses pembelajaran baik yang dilakukan oleh siswa maupun guru.
Read kegiatan membaca, setiap permasalahan butuh
penyelesaian. Dengan mambaca masalah bisa diketemukan jalankeluarnya. Membaca
adalah modal dasar belaajr yangtidak bisa diremehkan. Membaca akan
menghasilkan wawasan, pemehaman serta
kosa kata berdasarkanacuan yang akan dicari. Membaca akhirnya akan memperleh
ilmupegeatahuan. Oang bilan rajin pangkal kaya, membaca pangkal pandai.
Lesson suatu pembelajaran Jika sisiwa aktif mengikuti
pembelajaran boleh jadi siswa itu akan memiliki ilmu pengeahuan yang cukup jika
dibandingkan sisiwa yang tidakpernah daktif dalampembelajaran.
Inovatif suatu kegitan yang kreatif menonjol jangan
menyerah kepada keadaan. Sebaai contoh siswa ingin belajar lempar lembing. Di
sekolah tidakada alat lempar lembing, Guru bukan memperhentikan proses
pembalajaran melainkan berfikir inovatif. Lempat lembing alat diganti dengan
menggunakan pelepah daun pisang yang dientuk sepeeti lembng. Siswa dilatih
renang kemuidan possi sisiwa tidak ada yang berani terjun ke kolam renang. Guru
kreatif memberi bantuan berupa akua bekas yang diikatkan ke tubuh sisiwa. Siswa
posisi aterapung,kesempatan itulah guru melakkan proses pembelajaran.
Goal adalah tujuan yang terakhir merupakan final
dari segala upaya manusia termasuk siswa. Jadi dengan terpenuhi aspek yang
tergambar pada perkataan KISS ME MY DARLING, memberi wawasan betapa be;lajar
merupakan hal yang komplek. Selain itu juga unik karena masing-masing siswa
memiliki kadar kualitas proses pembelajaran yang berbeda. Semoga dapat mencoba!
.
Penulis: SUNANTO
Kepala SMP Negeri 10 Bandar Lampung
metode yang cantik
BalasHapus